Kesimpulan Pembahasan Tugas 1 Investasi Saham

Kesimpulan Pembahasan Tugas 1 Investasi Saham
Ibu Monicha
Dalam melakukan analisis investasi saham dalam perusahaan terdapat 2 metode :

1. metode analisis fundamental

2. metode analisis tekhnikal

Analisis Fundamental

Analisis ini efektif digunakan pada saat investor akan melakukan investasi dalam jumlah yang besar. Analisis dilakukan dengan mempertimbangkan Laporan keuangan yang dikeluarkan oleh perusahaan. Dari Neraca, Laporan L/R, Arus Kas, dan Laporan perubahan ekuitas akan memberikan gambaran kinerja bisnis perusahaan pada periode tertentu. Dengan analisis Horizontal terhadap laporan keuangan yaitu membandingkan laporan keuangan tahun tertentu dengan tahun sebelumnya. Pembanding juga dapat dilakukan terhadap laporan keuangan perusahaan lain yang bergerak dibidang yang sama atau perusahaan pesaing dengan hasil produksi yang memiliki hubungan subtitusi ataupun komplementer.
Analisis fundamental biasanya digunakan untuk investasi jangka panjang, artinya metode analisis ini efektif digunakan untuk mendapatkan deviden atau menguasai perusahaan investee. Tidak jarang setelah melakukan analisis fundamental, investor cenderung tidak memperhatikan perubahan harga, ataupun issue-issue aktual.
Dengan demikian metode ini memiliki kelemahan jika digunakan untuk melakukan investasi dalam prosentase kecil (<20%) yang ditujukan untuk trading atau Available For Sale (AVS)

Analisis Tekhnikal
Sesuai dengan namanya metode ini lebih taktis dalam menentukan investasi
Kebalikan dari analisis fundamental, analisis ini efisien digunakan untuk investasi kecil. Tentunya pembelian saham dalam skala kecil ini dilakukan untuk trading dan available for sale. Sehingga investor melakukan analisis dengan memperhatikan issu-issu teraktual, seperti memantau perubahan harga saham, disahkannya Undang-Undang baru, bencana alam, dan sebagainya. tentunya isu tersebut yang mempengaruhi performance saham perusahaan.

silahkan dikoreksi dan ditambahkan…

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s